20 Feb 2014

Profile Mentari Pagi

Mentari Pagi adalah keyakinan dan harapan bersama bagi kami, para pengajar dan anak-anak. Harapan untuk memperoleh pendidikan yang layak, harapan untuk membuka wawasan, dan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Berawal dari keyakinan dan harapan yang sama itulah maka komunitas ini dibentuk. Kami berkumpul bukan hanya sekedar duduk bersama untuk berbincang melainkan berdiskusi dan beraksi. Beraksi untuk negeri yang lebih baik walaupun sekecil apapun itu. Kami sekumpulan pemuda yang yakin setiap anak memiliki masa depan jika kita sebagai orang dewasa mau menjadi jembatannya. Kami sekumpulan pemuda yang yakin bahwa beraksi lebih baik daripada hanya sekedar mencaci.

SMP Mentari Pagi adalah sekolah terbuka yang pertama kali ‘digarap’ oleh Komunitas Mentari Pagi. Sekolah ini didirikan pada tanggal 10 November 2013, tepat di Hari Pahlawan. Seperti namanya SMP ini merupakan sekolah terbuka TKBM penyambung harapan anak-anak di ujung perbukitan Ciaruteun yang tidak melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya dan karena ketiadaan akses dan  sarana transportasi untuk anak-anak dapat belajar di sekolah terdekat. Karena kami yakin setiap anak memilki potensinya masing-masing, tidak terkecuali anak-anak di pelosok suatu daerah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah ini dilaksanakan setiap hari dan setiap pagi saat mentari mulai menunjukkan sinarnya seperti sekolah umum pada umumnya para pengajar mulai memanaskan motornya karena tidak ada transportasi lain yang cocok selain motor untuk menuju ke sekolah dan murid-muridpun juga mulai berjalan menuju sekolah. Bedanya, siswanya tidak berseragam, tidak bersepatu, duduk di bawah tanpa bangku namun mereka aktif belajar, bertanya, membuat prakarya dari barang-barang bekas atau dari alam, membuat maket dan miniatur dari tanah atau apa saja yang ada di sekitar, mereka boleh tertawa dengan pengajarnya, boleh bilang kepada gurunya apabila tidak jelas dengan apa yang dipelajari. Cara ini kami terapkan untuk membuat anak-anak merasa nyaman, bahwa sekolah adalah tempat menuntut ilmu yang menyenangkan, bukan tempat mencari nilai-nilai atau beban berat jika tertulis angka dengan tinta merah.


Kami bukan berniat memajang diri kami masing-masing di blog ini namun kami sangat berkeyakinan bahwa dengan tulisan walaupun sedikit semata-mata hanya untuk berbagi dan semoga bisa menjadi inspirasi. Kita sadar banyak sekali kekurangan terlebih dengan usia kita masing-masing sehingga jika umur kami tidak tersambung maka tulisan ini yang mungkin bisa kita tinggalkan untuk menyambung diri dalam memotivasi.

2 komentar :

  1. Semangat yah buat kakak2 tim pengajarnya dan juga adik2ku yang juga ingin terus belajar. Seperti harapan kalian, jadilah mentari pagi yang menunjukkan sinarnya dan memberikan semangat bagi semua orang :D

    BalasHapus