8 Feb 2014

Taufik

Taufik Indarmawan
Pengajar Ilmu Komputer

“Mendidik adalah kewajiban setiap manusia, tanpa terbatas oleh perbedaan suku, ras dan agama”

Itulah kalimat pertama yang ingin kuucapkan untuk membuka hati dan pikiran bagi orang2 yang masih sanggup mendengar, melihat serta merasakan bahwa pendidikan itu dekat dengan hidup kita. Bahkan tanpa terasa setiap pembelajaran itu ada dalam hidup, saat suka maupun dukamu. Adalah suatu pengalaman tersendiri ketika pertama kali masuk dalam komunitas ini. Komunitas pendidik yang tergerak dengan keikhlasan, berkreasi dalam kesenyapan, menyalakan lilin kehidupan guna menerangi dan melunasi janji kemerdekaan. Mendidik untuk mencerdaskan bangsa, mendidik untuk Indonesia yg lebih baik.. :)
Ya, disana.. jauh dari sudut kota kutemukan kebahagian lain. Aku menemukan sosok2 pelajar istimewa dengan keluguan dan kesederhanaannya, dengan pagi yang siap menyambutku lewat senyuman & meraih tanganku untuk “saliman”. Sungguh tergerak hati saat aku bisa menempuh pendidikan tinggi dan bermimpi suatu saat nanti bs mengejar ilmu sampai ke negeri seberang. Tapi disini, di lingkungan terdekatku sendiri, masih banyak anak2 yang kurang beruntung, yang bahkan untuk sekolahpun hingga bangku SMP dan SMA saja sudah sangat istimewa. Tak perlu membayangkan sekolah favorit, elit dengan segala fasilitasnya. Muridku disini sudah sangat bangga untuk sekolah di desa, tanpa seragam dengan kelas teras sederhana dan lebih seadanya. Mereka cuma mencari ilmu, ilmu yang mereka anggap masih penting  untuk masa depannya. Ilmu yang akan membawa mereka menjadi orang yang berguna, setidaknya bagi orang2 disekitarnya.
Aku tau mungkin yang kulakukan bersama pendidik lain disini bukanlah sesuatu hal yang hebat. Namun setidaknya mendidik mereka akan jd pengalaman tersendiri dalam hidupku. Jalan yg membawaku untuk lebih mensyukuri hidup. Hidup untuk berbagi, hidup untuk memberi.. meskipun cuma sepenggal bait ilmu, semoga msh bs punya arti dlm menginspirasi.

0 comments :

Posting Komentar