10 Feb 2015

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing

Salah satu misi Komunitas Mentari Pagi adalah mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk ikut serta peduli terhadap masa depan pendidikan anak-anak,khususnya anak-anak yang kurang beruntung. Seiring dengan misi tersebut Mentari Pagi mengadakan program Guest Teacher, yaitu membuka peluang bagi siapa saja yang ingin berbagi ilmu dengan adik-adik dari sekolah binaan Mentari Pagi. 
November 2014, Mahasiswa IMAPASKA (Ikatan Mahasiswa Pascasarjana Kimia) memberikan pengalaman baru bagi adik-adik. Enam belas mahasiswa pascasarjana IPB yang notabene memiliki kesibukan sebagai akademisi, rela membagi waktu dan ilmu seputar reaksi kimia sederhana, matematika, dan Bahasa Inggris. Belajar kimia tidak terbatas di laboratorium yang lengkap dan mewah, namun bisa dilakukan di saung belajar yang sederhana dengan konsep yang mudah dimengerti oleh anak-anak.


Acara yang rencananya akan dilakukan dengan rutin ini terbagi menjadi lima bagian yaitu Perkenalan,  Pelajaran Matematika, pelajaran Bahasa Inggris, Praktikum Kimia sederhana, dan penutup.  Hal yang tak terlupakan bagi adik-adik adalah praktikum asam-basa menggunakan air kncur dan air sabun. Air kencur yang berwarna kuning berubah menjadi ungu ketika diberi air sabun. Selain itu dipraktekkan pula reaksi terbentuknya gas CO2 oleh soda dan air cuka yang menyebabkan balon mengembung. Pelajaran dan praktikum berlangsung menyenangkan. Sesekali pembawa acara dari IMAPASKA mengajak adik-adik ice breaking  dengan melakukan gerakan Power woooosh.  Serius tapi santai, dan mengena.  Tentu saja selain pelajaran berharga tentang kimia, adik-adik juga memperoleh pelajaran berharga dari kakak-kakak IMAPASKA  pada pertemuan kali ini yaitu untuk memberikan rasa kepedulian terhadap sesama serta untuk menyampaikan ilmu yang dimiliki. Karena permasalahan pendidikan bangsa ini bukanlah semata-mata milik pemerintah, melainkan kita semua yang mengaku Orang Indonesia. Karena permasalah Bangsa ini akan dapat diatasi jika berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Terima kasih kepada kakak-kakak IMAPASKA.

0 comments :

Posting Komentar